09 September 2009

Hidup Sebuah Perjalanan


Hidup ini adalah perjalanan. Ujungnya adalah kuburan. Satu satunya energi yang bisa membuat hidup jadi berarti, adalah Cinta.

Cinta terbesar adalah cinta akan kehidupan ini secara seutuhnya. Mencoba menyadari akan segala rasa; kesedihan dan kesakitan dan kekurangan dan kekecewaan ini. Dan tetap mencintai kehidupan ini. Kekurangan itu ada dan selalu akan ada, dan akan membuat kita lebih menghargai kelebihan yang datang nanti.

Tadi kulihat kolom2 berita kematian di koran, ada yang tua dan sudah waktunya berpulang, ada pula yang masih muda perkasa. Ada sebuah rasa bersyukur saya masih hidup dan bernafas dan sehat, ini adalah anugerah yang mesti kita syukuri.

Ambisi dan keinginan maju adalah kewajaran dan bukan sebuah dosa. Kemauan untuk menang dalam bersaing adalah sebuah ke normalan hidup. Tetapi kitapun mesti menyadari bahwa tidak semua kemenangan dan segala sesuatu yang kita dapatkan "lebih" itu akan membuat kita bahagia.

Lebih banyak uang, lebih kaya, lebih cantik, lebih banyak koleksi Louis Vuitton, lebih perkasa, lebih tampan, lebih keren mobilnya.... dan seterusnya adalah kekosongan yang berkepanjangan tanpa Cinta.

Lebih cinta akan kehidupan ini adalah satu satunya "lebih" yang berguna.

Bekerja dengan cinta akan membawa kebahagiaan dan berkah, walau mungkin bukan sebuah kenikmatan berlebih atau bahkan kemapanan hidup.

Apa yang akan terjadi dengan hari esok adalah milik Langit dan Matahari. Kita harus syukuri dan nikmati hari ini. Dan berusaha dengan sepenuh hati, jiwa dan pikiran.

Hidup adalah perjalanan, dan Cinta adalah Keajaiban.

Previous Post
Next Post

0 komentar: