10 Pantangan bagi Seorang Blogger

10 hal yang tidak boleh dilakukan oleh Blogger
Bagi para blogger mania yang ingin blognya ramai dikunjungi mungkin kebanyakan akan menulis topik yang lagi hot saat ini, misalnya artikel tentang  cara mendapatkan uang dari blog, cara hack facebook, hack email. Dan mungkin tidak terlalu banyak yang mencari informasi tentang hal apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh seorang blogger, disini saya coba memberikan beberapa ulasan tentang beberapa hal yang tidak boleh dilakukan  seorang blogger.



1.   Tidak boleh mengambil konten blogger lain.  Merupakan hal penting bagi blogger pemula seperti saya untuk tidak mengambil konten dari blog lain kemudian memasang di blognya tanpa memberikan keterangan tentang sumber aslinya.
2.   Tidak boleh berharap mendapatkan hasil dalam satu malam.  Sudah banyak ulasan saya tentang ini di entry lama, maksudnya dunia blogging bukan seperti menemukan harta karun, membuat blog baru lalu anda  isi dengan 2 atau 3 konten kemudian esok hari anda mendapatkan uang dari blog baru. Jika anda memiliki pndangan seperti itu segera hentikan.
3. Tidak boleh mengabaikan pembaca anda. Ketika pertama kali anda membuat blog dan mendapatkan respon yang sangat cepat dari pengunjung kemudian anda merasa mendapatkan posisi penting lalu anda  menjadi sedikit lupa untuk menanggapi setiap pembaca dengan rendah hati. Blog yang anda buat adalah mengenai pembaca anda.
4.   Tidak boleh lupa mempromosikan blog anda jika ingin sukses.   Membuat blog bukan seperti membuat toko sembako di pinggir jalan yang tinggal menunggu pelanggan datang sendiri. Sepeti pepatah tidak kenal maka tak sayang sekalipun anda memiliki konten yang luar biasa jika tidak anda promosikan orang tidak akan tahu, maka lakukanlah blogwalking untuk memperkenalkan blog dan konten anda.
5.   Tidak boleh menjadi seperti blogger lain.  Jadilah diri anda sendiri, jadikan blog anda mencerminkan karakter dan pribadi anda dan orang lain akan lebih menghargainya. Tidak mudah untuk menjadi diri sendiri tapi itulah syarat penting jika ingin bertahan di dunia blogging.
6.   Tidak boleh malas untuk up date blog secara teratur.  Anda ingin mejadi seorang problogger tapi malas untuk membuat konten secara teratur, anda melupakan komitmen awal,  jika seperti itu mengapa anda mengharapkan orang untuk berkomitmen membacanya secara teratur ?
7.  Tidak boleh mengabaikan SEO. Mau tidak mau suka atau tidak suka kita akan dipaksa untuk mengetahui SEO lebih dalam jika terjun ke dunia blogging, Belajar dan belajarlah jika ingin menjadi sukses. Banyak sahabat blogger lain yang memberikan ulasan tentang SEO. Intinya adalah jangan malas untuk belajar.
8.  Tidak boleh mengabaikan jaringan (network).  Jangan pernah untuk menganggap remeh kekuatan sebuah jaringan, seperti banyak orang berbicara tentang siapa yang anda kenal saat ini dan siapa yang akan anda ketahui dimasa yang akan datang. Buatlah jaringan yang  membentuk suatu kekuatan dalam jangka panjang bisa dilakukan dengan membuat suatu grup atau kelompok yang teridiri dari beberapa blogger.
9.   Tidak boleh memiliki sebuat situs yang sulit untuk dibaca atau dinavigasikan. Banyak orang yang beranggapan bahwa blog adalah semua tentang konten anda, membuat konten sesuka anda dan ternyata itu tidak benar. Blog bukan sekedar konten anda tetapi lebih kepada bagaimana anda bisa membuat konten yang mudah dibaca orang lain dan  mudah dinavigasikan orang lain.
10.  Tidak boleh melakukan spam kepada blogger lain.  Anda mengirimkan pesan spam ke blog lain dengan hasil traffic yang luar bisa dalam jangka pendek  namun apakah tujuan utama hanya itu saja, mungkin saja anda malah menciptakan situasi ynag berakibat negatif terhadap blog anda.
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright ©2008 : Praoto Abdi Negoro Supported by Blogger