23 October 2013

Asal-Usil letak Kemudi disebelah Kiri dan Kanan

Sejarah dan Asal-usul

Kebanyakan dari kita pasti penasaran kenapa ada negara yang peraturan lalu-lintasnya berjalan disebelah Kiri dan ada yang berjalan di sebelah Kanan (malah lebih banyak). Sekitar seperempat dunia berkendara di sisi kiri, dan negara-negara yang melakukan itu kebanyakan adalah koloni lama Inggris. Kebiasaan aneh ini membingungkan seluruh dunia; tapi ada satu alasan yang bagus untuk itu. Di masa lalu, hampir seluruh orang berpergian di sebelah kiri jalan karena itu adalah hal yang paling masuk akal untuk para kaum feodal, masyarakat yang suka kekerasan. Semenjak kebanyakan orang menggunakan tangan kanan, para pendekar pedang memilih untuk tetap berada di sebelah kiri agar tangan kanan mereka dapat lebih dekat dengan lawan dan dibanding sarung pedangnya. Selain itu, mengurangi peluang dari sarung pedangnya (yang dikenakan di sebelah kiri) menghantam orang lain.
Lebih jauh, orang yang menggunakan tangan kanan merasa lebih mudah untuk menaiki kuda dari sisi kiri, dan itu akan sangat sulit sebaliknya jika mengenakan pedang (yang dikenakan di sebelah kiri). Hal ini lebih aman untuk menunggangi kuda dan turun ke sisi jalan, bukan di tengah arus lalu lintas, sehingga jika seseorang menaiki kuda dari sebelah kiri, kemudian kuda itu harus berjalan di sisi kiri jalan.
Pada akhir 1700-an, bagaimanapun, kusir di Prancis dan Amerika Serikat memulai pengangkutan produk pertanian dengan menggunakan sado besar yang ditarik oleh beberapa pasang kuda. Sado ini tidak memiliki kursi pengemudi, melainkan kusir duduk di bagian belakang sebelah kiri kuda, sehingga dia dapat menjaga tangan kanannya untuk bebas mencambuk kuda. Karena ia duduk di sebelah kiri, secara alamiah ia ingin semua orang melewati sisi kirinya, sehingga ia bisa melihat ke bawah dan memastikan bahwa tidak ada orang yang celaka karena roda sadonya. Oleh karena itu, ia tetap di sisi kanan jalan.

12 September 2013

4 Tips Ngeblog Penting Bagi Part-Time Blogger

Menjadi seorang part-time blogger bisa sangat menguntungkan saat ini karena Anda bisa tetap menjalankan pekerjaan normal dan mendapat penghasilan tambahan secara online melalui blog yang dikelola. Singkatnya, menjalani hobi ngeblog secara part-time bisa menjadi semacam test drive sekaligus investasi. Test drive karena cara ini dapat melihat tingkat keuntungan hobi yang dijalankan sedangkan investasi karena jika kita konsisten memberi konten berkualitas dan melakukan promosi, blog akan semakin populer.
Namun, masalah terbesar bagi seorang part-time blogger adalah waktu. Ya, waktu yang tersedia tidak terlalu banyak dibandingkan mereka yang full-time blogger. Hal ini menjadi kendala karena sebuah blog perlu dipelihara dan dirawat agar dapat tumbuh besar dan mendatangkan keuntungan. Akan tetapi, selama ada keinginan kuat selalu ada jalan. Di sini saya ingin berbagi pengalaman menjalani itu semua.

1. Temukan Ide Tulisan dengan Cepat

Kecepatan sangat penting jika waktu yang tersedia sangatlah sempit. Untuk itu penting bagi Anda menemukan ide tulisan dengan cepat. Bagaimana caranya?
Kunjungi website surat kabar nasional. Website surat kabar memiliki cakupan berita luas yang sudah dikategorikan kedalam topik-topik tertentu. Saya yakin pasti ada tema utama blog Anda di dalam salah satu topik blog itu.
Sebagai contoh jika Anda memiliki blog tentang travelling Anda bisa melihat-lihat http://travel.kompas.com dan lihat bagian “terbaru” dan “terpopuler”. Dari cara ini saja Anda akan segera menemukan ide postingan blog.
Selain website surat kabar nasional Anda juga bisa melihat-lihat blog lain yang bertema sama dan perhatikan kedua hal tadi.

2. Menulis Lebih Cepat dan Berkualitas

Satu hal penting yang tidak bisa dilupakan saat ngeblog adalah kualitas. Lalu masalah berikutnya adalah bagaimana bisa kita menulis cepat dan berkualitas? Inilah beberapa rekomendasi :
  • Kurangi panjang tulisan dari biasanya (perlu dipahami bahwa postingan dengan panjang 250–400 kata masuk kategori cukup untuk sebuah postingan blog)
  • Pastikan inti permasalahan masuk dalam judul
  • Masukan kata kunci di judul, paragraf awal dan penutup saja
  • Di penyampaian isi: gunakan pointers kurangi narasi
  • Tutup dengan pertanyaan kepada pembaca

16 August 2013

Kata Motivasi dari "Mario Tegang"

mario tegang
Bila anda gagal hari ini, jangan pernah menyerah. Ulangi terus kegagalan anda sampai boss anda menyerah.

Tak ada pekerjaan yg berat di dunia ini. Pekerjaan Seberat Apapun Akan Terasa Ringan Apabila Tidak Dikerjakan.

Jangan lakukan kesalahan seperti keledai. Jadi apabila anda terlambat masuk kantor, maka janganlah anda terlambat (lagi) saat pulangnya.


Kesuksesan bisa diraih karena usaha, Usaha ada karena kemauan
Kemauan tercipta karena ada cita-cita, Cita-cita berasal dari mimpi
Mimpi ada karena tidur, kalo ingin sukses banyak-banyaklah tidur.
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba walaupun anda tidak tahu apakah akan berhasil. Karena keberhasilan hanya milik DORA The Explorer, Berhasil!...Berhasil!... Berhasil!... Hore!!!

Bersikaplah seperti kuntilanak, dalam keadaan apapun selalu tertawa, tirulah tuyul, kecil-kecil sudah bisa cari duit, contohlah jailangkung, datang gak dijemput, pulang gak di antar

Malu Bertanya Sesat Di Jalan, Terlalu Banyak Tanya Juga Malu-Maluin

Bila anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Jikalau perlu, daftarkan diri anda di ?Indonesia Mencari Bakat?. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat walaupun tidak berbakat.

18 July 2013

Kenapa air laut rasanya Asin

Mungkin dari kita banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih air laut bisa asin rasanya, dari mana rasa asin itu? Apakah karena keringat orang yang mandi di pantai atau mungkin keringat ikan Paus....??????
JAWABAN SECARA ILMIAH

Air laut memiliki kadar garam rata-rata 3,5%. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gram garam (terutama, namun tidak seluruhnya, garam dapur/NaCl).
Walaupun kebanyakan air laut di dunia memiliki kadar garam sekitar 3,5 %, air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Yang paling tawar adalah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothnia, keduanya bagian dari Laut Baltik. Yang paling asin adalah di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai.

SUMBER RASA ASIN

Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, kalsium, dll. Apabila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam.

Pada saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dam akhirnya mencapai laut .

Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut air dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Kita mengetahui laut mempunyai permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan yang cukup besar , pada saat air laut menguap yang menguap hanyalah H2O (air ) sedang garam garam mineral tetap tinggal bersama air laut , begitulah sehinggga air laut rasanya asin .

Kadar keasinan air laut ini dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut air lautnya semakin asin.


KENAPA DANAU TIDAK ASIN??
Permukaan air danau tidak cukup luas sehinggga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih balance dan sumber mineralnya sangat terbatas beda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu.

Sumber